Diklat Kepemimpinan Siswa-Siswi Kelas X
SMAN 1 Taruna Madani Jatim

SMAN 1 Taruna Madani Jatim telah mengadakan kegiatan Diklat Kepemimpinan dan Bela Negara di Puslatpurmar 3 Grati, di mulai hari Rabu, 14 Desember 2022 sampai dengan Sabtu 17 Desember 2022. Kegiatan ini dibagi  menjadi dua sesi yakni sesi pertama pada tanggal 14-15 Desember 2022 sedangkan sesi kedua pada tanggal 16-17 Desember 2022.

Kegiatan Diklat Kepemimpinan dan Bela Negara diawali dengan apel pembukaan yang dibuka langsung oleh Letkol Marinir Kartika Wijaya Setyawan S.H., M.A.P., M.Han (14/12/2022), yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam amanatnya, beliau menyampaikan dengan adanya kegiatan Diklat Kepimpinan dan Bela Negara ini diharapkan para peserta dapat menimba ilmu dari para Pelatih dan Instruktur dalam rangka menunjang tugas dan tanggung jawab kelak, maka perlu adanya pembinaan mental dan fisik yang mengarah pada pembentukan karakter siswa Taruna Madani Jawa Timur yang tangguh, tanggap, cerdas dan beriman.

Selesai apel pembukaan, dilanjutkan dengan berbagai kegiatan. Tampak jelas raut wajah antusiasme para peserta dalam mengikuti kegiatan ini. Pasalnya materi yang diberikan sangatlah beragam, diantaranya materi kepemimpinan, CMI (Cara Memberi Intruksi), dan Bela Negara. Tidak hanya itu, para peserta juga diberi materi PBB.

Pada malam harinya,  siswa-siswi mengikuti kegiatan renungan, diputarkan audio yang mampu membuat para peserta merenung hingga  menangis.

Pada hari kedua, para peserta mengikuti kegiatan Fun game, tampak raut bahagia dari para peserta karena serunya kegiatan ini. Dan pada siang hari, tepatnya jam 2 siang hari, kegiatan ditutup dengan apel penutupan. Setelah apel penutupan selesai, para peserta di arahkan untuk naik ke kendaraan yang akan mengantar balik ke sekolah.

Penulis: Miftakhul Jannah XA

Editor : Unsiyah A