1 Muharram – Merajut Ukhuwah
dengan Semangat Hijrah

MUHARRAM (3)
MUHARRAM (5)
MUHARRAM (10)
MUHARRAM (1)
previous arrow
next arrow
MUHARRAM (3)
MUHARRAM (5)
MUHARRAM (10)
MUHARRAM (1)
previous arrow
next arrow

29 Juli 2022,

SMAN 1 Taruna Madani Jawa Timur mengadakan peringatan kegiatan Tahun Baru Islam atau dikenal dengan 1 Muharram 1444 Hijriyah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga SMAN 1 Taruna Madani Jatim dengan semarak.


Tahun Baru Islam merupakan momen yang penting untuk mengenang tanggal hijrah yang menjadi perubahan paradigma dalam sejarah islam. Hal ini lantaran menandai terjadinya peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Makkah menuju kota Madinah pada 622 Masehi, yang kemudian menjadi awal ditetapkannya 1 Muharram. Pada momen ini pula, maka seorang muslim harus bisa mencukupkan diri dengan ajaran Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.


Kegiatan ini dibuka dengan lantunan ayat suci alquran oleh ananda Lailatul Sadiyah dari XI IPS 1 dan dilanjutkan dengan bacaan Mahalul Qiyam oleh Ust. Imam Sirojuddin, S.Pd.I. dan dilanjutkan dengan ceramah oleh Ust. Gus Roni Al Gozhali dari Ponpes Darussalam Sidowayah Pasuruan. Pada kesempatan ini, gus Roni menekankan pentingnya ukhuwah dalam islam sebagaimana tema peringatan kali ini yakni “Merajut Ukhuwah dengan Semangat Hijrah” dan akhlak seorang muslim terutama akhlak seorang siswa-siswi terhadap guru dalam menuntut ilmu.


Tema 1 Muharram dengan mengusung Ukhuwah telah mengingatkan kita pentingnya berperilaku sosial sesuai dengan ajaran islam sehingga diharapkan warga SMANSATAR Jatim dapat melakukan ukhuwah atau persaudaraan dengan sesama manusia dengan adil dan bijaksana. Ukhuwah sendiri menyadarkan manusia bahwa manusia bukanlah makhluk individual namun manusia adalah makluk sosial (zoon politicon) yang tidak dapat hidup sendiri dan senantiasa melakukan hubungan sosial. Hal ini senada dengan firman Allah SWT bahwa “Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara keuda saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat ” (Al-Hujurat :10).

Pada akhir acara, kegiatan ditutup dengan doa dan pembagian sedekah bagi siswa-siswi yatim SMANSATAR Jatim dan anak-anak yatim di lingkungan sekitar sekolah.